Rabu, 20 Mei 2009

Ekosistem Laut

Ekosistem laut adalah kumpulan organisme di dalam laut yang saling berinteraksi satu sama lain. Organisme laut ini bisa berupa hewan atau tumbuhan. Ekosistem laut dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti iklim, keadaan geologi dan kedalaman laut.
Dalam ekosistemlaut, semua organisme yang hidup membentuk suatu rantai makanan. Namun, karena ulah manusia, seperti pencemaran dan perburuan hewan laut, ekosistem laut menjadi terancam. kerusakan ini dapat mengakibatkan punahnya berbagai jenis organisme laut.


Pertahanan hidup
Hewan-hewanlaut memiliki cara terseniri untuk berburu dan mengelabuhi musuh. Mereka berevolusi sehingga memiliki cara ataupun organ tubuh yang dapat digunakan untuk bertahan hidup. Sejumlah jenis ikan misalnya, menggunakan warna tubuhnya agar dapat tersamar diantara karang.
Inilah bentuk dari penyamaran ikan diatas sebuah karang dilakukan untuk mengelabui lawannya.

Terumbu karang
terumbu karang adalah sekumpulan hewn karang yang bersimbiosis dengan tumbuhan alga (tumbuhan ganggang). Kumpulan hewan ini memiliki bentuk yang sangat beragam.
Di terumbu karang inilah ikan-ikan laut berkembang biak. Karena itu, kerusakan terumbu karang bisa mengakibatkan berkurangnya jumlah ikan, termasuk ikan yang sering dikonsonsi oleh manusia.
Ini adalah gambar kerusakan karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar